Pembelajaran Tematik Terpadu

Foto untuk : Pembelajaran Tematik Terpadu

Kurikulum 2013 dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik terpadu. Pembelajaran tematik terpadu dilakukan dengan mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.

Siswa menjadi peran utama dalam pembelajaran tematik terpadu. Peran aktif dan partisipasi siswa ditumbuhkan dan terus dikembangkan dengan memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan.

Dalam pembelajaran ini guru mengajak siswa untuk aktif dengan menampilkan lagu-lagu pembelajaran. Melalui lagu siswa jadi mudah mengingat pelajaran. Melalui lagu siswa dapat mengkreasikan musik ritmisnya.

 Tema pembelajaranan Ilmu Pengetahuan Alam dalam pembelajaran ini meliputi : gerhana matahari, rotasi bumi, revolusi bumi, perhitungan tahun masehi, perhitungan tahun hijriah, planet, benda-benda langit dan lain-lain.

Tema pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya meliputi : bernyanyi secara kelompok, memainkan alat musik ritmis dan melodis, menampilkan musik dengan alat musik sederhana, membuat karya kerajinan dari bahan bekas.

Berikut contoh pembelajaran dengan pendekatan tematik terpadu. Seni Budaya dan Prakarya terintegrasi dengan Ilmu Pengetahuan Alam tentang ‘akibat rotasi bumi’ yang dinyanyikan dengan lagu ‘di sini senang’.

 

Rotasi bumi

Rotasi bumi dua empat jam
ada siang juga ada malam

Daerah waktu WIB, WITA dan WIT
Gerak semu harian mentari

Mentari terbit di timur tenggelam menuju barat
Tepi bumi berotasi dari barat

La ... la ... la ... la lala lala
La ... la ... la ... la lala lala
La ... la ... la ... la lala lala
La ... la ... la ... la lala lala

IKlan 3